Chiang Rai International Airport, Satu Bandara Tersibuk Yang Tidak Lewati Kapasitas

0

Chiang Rai International Airport, Satu Bandara Tersibuk Yang Tidak Lewati Kapasitas – Bandara Internasional Mae Fah Luang-Chiang Rai, atau secara singkat disebut “Bandara Chiang Rai” (sebagai nama aslinya), adalah bandara lama yang dibangun sejak 1942 yang dahulunya dimanfaatkan sebagai bandara angkatan udara oleh tentara Jepang untuk menyerang posisi sekutu di kawasan, entah saat penaklukan Burma, atau untuk memborbardir jalur jalan Burma ke tiongkok. Penggunaan sebagai aiport militer diteruskan oleh pemerintah Thailand, sebelum akhirnya berubah menjadi bandara komersial pada tahun 1992 untuk mengakomodasi segala rute baik domestik maupun internasional. Hal ini dikarenakan booming wisata Thailand wisatawan yang terus meningkat, hingga sekarang Bandara Chiang Rai adalah bandara yang terletak di ujung utara Thailand.

Peningkatan pariwisata di Thailand sendiri merupakan hal yang tadinya sulit di antisipasi, betapa tidak, para ekspatriat dari seluruh negara di dunia berbondong-bondong ingin melancong ke negara yang seratus persen masyarakatnya sangat terbuka pada orang asing ini. Peningkatan pariwisata bahkan ikut bangunkan Chiangrai dari tidur panjangnya, dari kota yang tenang kini menjadi kota tujuan wisata.

Ukuran dan lokasi Bandara Chiang Rai
Bandara Chiang Rai awalnya menampung lebih dari 700.000 penumpang/tahun. Ada 3 gate tambahan dibandingkan dengan satu gate di awal bandara ini beroperasi. Bandara ini memiliki 7 hangaar tempat parkir pesawat. Beberapa hangar di antaranya tersebar di wilayah sekitar Ban Du, Mueang, Chiang Rai, Provinsi Chiang Rai, jauh dari Jalan Phahonyothin (rute Chiang Rai – Mae Chan) ke arah timur sekitar 2,6 kilometer. Posisi lintang adalah 19? 57 ’08 ” dan garis bujur pada 99 52 ’59” lokasinya sekitar 8 kilometer dari gerbang kota.

– Terminal penumpang Bandara Chiang Rai
Bandara Chiang Rai memiliki terminal penumpang 2 lantai dengan hanya satu bangunan yang kini tengah diperluas. Dapat menampung hingga 2.250 penumpang dalam waktu yang mendesak, di mana bangunan dibagi menjadi 2 bagian: terminal penumpang internasional di sayap kiri dan terminal penumpang domestik di sayap kanan Dengan luas total 22.960 meter persegi

– Fitur
Model detail lengkap GMAX tekstur dan poligon gound
Terminal utama dan rombongan
Jetway yang sepenuhnya detail dan menjembatani ke concourse.
Jalur yang dibuat khusus, taxiway, dan lampu taksi
Tekstur dasar Gmax khusus
Taksi dan landasan pacu yang sangat rinci.

Bandara Internasional Chiang Rai kini melayani lalu lalang 2,95 juta penumpang pertahun, sedikit di bawah kapasitasnya 3 juta pertahun. Keenam bandara di Thailand sendiri ini saat ini memiliki total kapasitas 101 juta. Dari jumah tersebut terdapat fakta bahwa lalu lintas penumpang di sebagian besar bandara, kecuali Bandara Internasional Chiang Rai Mae Fah Luang, telah melebihi kapasitas. Bandara Chiang Mai misalnya melayani 11,32 juta pelancong setiap tahun meskipun kapasitasnya 8 juta sedangkan Bandara Phuket, dengan kapasitas maksimum 12,5 juta, malah melayani 17,85 juta penumpang per tahun. Bandara Hat Yai melayani 4.03 penumpang setiap tahun, dibandingkan dengan kapasitas 2,5 juta.

64,71 juta orang telah melewati Bandara Suvarnabhumi tahun ini dengan kapasitas 45 juta. Bandara Dong Meung sekunder Bankok melayani 41,01 juta terlepas dari kapasitasnya 30 juta. Bandara Internasional Chiang Rai bernasib lebih baik dengan 2,95 juta, sedikit di bawah kapasitasnya 3 juta. Keenam bandara ini saat ini memiliki total kapasitas 101 juta. Kapasitas bandara diperkirakan akan mencapai 186 juta pada 2024, sehingga perkembangluasan bandara terus diharapkan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© All Right Reserved
Proudly powered by WordPress | Theme: Shree Clean by Canyon Themes.