Bandara Thailand: Memungkinkan Konektivitas Regional

0

Bandara Thailand: Memungkinkan Konektivitas Regional – Banyak bandara di seluruh dunia dapat dianggap sebagai pintu gerbang ke negara mereka sendiri. Ini adalah kesan pertama yang dimiliki banyak pelancong tentang tujuan mereka dan  sering kali menyampaikan kesan tempat lain. Selain memainkan peran ini, penting juga untuk diingat bahwa bandara merupakan bagian penting dari industri penerbangan internasional. Ini adalah infrastruktur kompleks yang perlu menjaga keamanan wisatawan dan memberikan  pengalaman penumpang yang tak tertandingi.

Bandara Thailand: Memungkinkan Konektivitas Regional

chiangraiairportthai.com – Thailand memiliki enam bandara internasional utama di bawah kendali Bandara Thailand. (AOT): Bandara Suwan Nabumi, Bandara Internasional Dong Muang, Bandara Internasional Phuket, Bandara Internasional Chiang Mai, Bandara Internasional Hajay, Bandara Internasional Mae Fah Luang-Chen Lai.

 Semua bandara ini memainkan peran penting sebagai pintu gerbang ke Asia. Bandara ini berlokasi strategis di semua bagian negara dan sangat cocok sebagai hub regional untuk menghubungkan penumpang  dari negara tetangga.

Bandara Suvarnabhumi

Di bagian tengah Thailand, Bandara Internasional Suvarnabhumi dan Bandara Internasional Don Mueang memiliki karakteristik yang luar biasa. “Suvarnabhumi” berarti “Tanah Emas,” dan bandara ini dinamai oleh Yang Mulia mendiang Raja Bhumibol Adulyadej. Bandara Internasional Suvarnabhumi adalah salah satu bandara tersibuk di dunia dan memiliki lalu lintas penumpang tertinggi di Thailand. Pada tahun fiskal 2016, Bandara Internasional Suvarnabhumi menampung 55,47 juta penumpang pada 333.263 penerbangan komersial yang dioperasikan oleh 111 maskapai berjadwal. Bandara ini telah menjadi pilihan pertama di Thailand untuk transit dan transfer penumpang untuk terhubung ke seluruh dunia.

Dengan luas 563.000 meter persegi, Bandara Internasional Suvarnabhumi menduduki peringkat sebagai bandara terbesar ketiga di dunia berdasarkan ruang fisik. Selain itu, bandara telah berfokus pada penerapan teknologi mutakhir untuk melayani penumpang dengan lebih baik. Misalnya, bandara telah memasang 53 kios informasi bagi penumpang untuk dengan mudah memeriksa informasi tentang jadwal penerbangan, rencana tata letak terminal, dan toko ritel.

Bandara Internasional Don Mueang

Bandara Internasional Don Mueang adalah bandara pertama yang dibangun di negara ini dan dianggap sebagai landasan penerbangan komersial di Thailand. Dan sementara ada bandara yang lebih besar di Thailand saat ini, Bandara Internasional Don Mueang telah mempertahankan karakteristik modernnya dan saat ini berfungsi sebagai hub maskapai berbiaya rendah.

Dilengkapi dengan berbagai fasilitas, bandara ini menawarkan harga yang terjangkau dan pelayanan yang cepat. Penumpang domestik umumnya dapat naik dalam waktu 30 menit dan penumpang internasional dapat naik dalam waktu satu jam. Bandara juga menyediakan pemeriksaan paspor otomatis untuk warga negara Thailand dan menugaskan staf “Bantuan Bandara” untuk berkomunikasi dengan wisatawan, terutama wisatawan Tiongkok.

Baca Juga : MIA Peringkat Bandara Internasional AS Tersibuk

Bandara Internasional Chiang Mai dan Mae Fah Luang-Chiang Rai

Di utara negara itu, Bandara Internasional Chiang Mai dan Mae Fah Luang-Chiang Rai berfungsi sebagai pintu gerbang ke Indochina. Kedua bandara ini menyambut para pelancong ke tanah warisan Lanna yang mempesona, yang dikelilingi oleh alam yang indah dan budaya yang luar biasa.

Peran penting lainnya dari Bandara Internasional Chiang Mai adalah untuk melayani pertumbuhan ekonomi utara. Bandara ini terletak hanya 7 kilometer dari kota, membuat perjalanan cepat ke pusat kota. Pada tahun 2016, Bandara Internasional Chiang Mai dianugerahi tempat ketiga dalam kategori “Bandara terbaik berdasarkan ukuran – 5 hingga 15 juta penumpang” dalam survei Kualitas Layanan Bandara (ASQ).

Bandara Internasional Mae Fah Luang-Chiang Rai adalah bandara kecil tetapi tidak kalah pentingnya sebagai elemen vital dari industri transportasi udara Thailand secara keseluruhan. Bandara dengan bangga mempersembahkan suasana hangat dan ramah kepada penumpang saat mereka tiba di kota yang terkenal dengan alam, seni dan budayanya. Di masa depan, bandara akan memainkan peran penting lainnya sebagai Pusat Regional untuk bisnis yang dinyatakan oleh Pusat Penerbangan, dan juga diharapkan dapat mengakomodasi perjalanan dari negara-negara CLMV yang berkembang pesat dan Wilayah Cina Selatan.

Bandara Internasional Phuket dan Hat Yai

Bandara Internasional Phuket adalah pintu gerbang ke Kepulauan Andaman, sedangkan Bandara Internasional Hat Yai adalah pintu gerbang ke bagian paling selatan Thailand. Bandara Internasional Phuket menyambut wisatawan ke destinasi terkenal di dunia seperti Phi Phi dan Kepulauan Similan, dan juga terhubung dengan baik ke destinasi di berbagai wilayah di seluruh dunia.

Dengan jumlah penumpang yang terus bertambah, Bandara Internasional Phuket telah ditingkatkan secara berkala untuk memastikan dapat menampung penumpang. Baru-baru ini, terminal penumpang baru dibuka untuk melayani penerbangan internasional, dengan fasilitas layanan penuh yang mencakup area seluas lebih dari 73.000 meter persegi. Terminal penumpang baru ini merupakan bangunan hemat energi dan menggunakan tenaga surya alami.

Bandara Internasional Hat Yai terletak di Provinsi Songkhla, yang merupakan zona ekonomi dan pendidikan penting negara di bagian selatan negara itu. Bandara memainkan peran utama dalam mendukung lima provinsi tetangga, termasuk Songkhla, Sutun, Narathiwat, Pattani dan Yala, serta Malaysia.

Dari Juli hingga September setiap tahun, Bandara Internasional Hat Yai menyambut penumpang Muslim Thailand yang bergabung dalam ziarah haji tahunan ke Mekah. Bandara Internasional Hat Yai karenanya memfokuskan upayanya pada peningkatan layanan dan fasilitasnya untuk memenuhi kebutuhan pengguna bandara.

Dengan bangga AOT mengoperasikan enam bandara internasional di Thailand, masing-masing dengan kekuatan dan area fokusnya masing-masing. Terlepas dari peran mereka masing-masing dalam sistem penerbangan negara, keenamnya memiliki tujuan menyeluruh untuk menghubungkan para pelancong, baik ke bagian lain Thailand, ke benua pada umumnya atau dua di seluruh dunia.

Related Posts

© All Right Reserved
Proudly powered by WordPress | Theme: Shree Clean by Canyon Themes.