Bandara Chiang Rai Dibuka Kembali Saat Pesawat Nok Air Yang Terdampar Dipindahkan

0

Bandara Chiang Rai Dibuka Kembali Saat Pesawat Nok Air Yang Terdampar DipindahkanLampu masuk dan keluar dari Bandara Internasional Chiang Rai Mae Fah Luang di Thailand utara diperkirakan akan kembali normal pada Rabu, 3 Agustus, pukul 10 malam. Landasan pacu ditutup sejak pukul 06.00 kemarin setelah pesawat Nok Air Boeing 737-800 tergelincir dari landasan saat mendarat akibat kondisi cuaca buruk pada Sabtu malam. Tidak ada yang terluka.

Bandara Chiang Rai Dibuka Kembali Saat Pesawat Nok Air Yang Terdampar Dipindahkan

chiangraiairportthai – Pesawat berangkat dari Bandara Internasional Don Mueang Bangkok pada pukul 20:03 dan mendarat di Chiang Rai pada pukul 21:06 pada hari Sabtu. Pesawat tergelincir dari landasan pacu saat mendarat setelah hujan lebat terus menerus menyebabkan kondisi tanah licin. 164 penumpang dan enam awak kabin di dalam pesawat tidak terluka berkat kemampuan pilot untuk mengendalikan dan menghentikan pesawat setelah keluar dari landasan.

Baca Juga : Panduan Penumpang Ke Bandara Internasional Chiang Rai (Thailand) 

Otoritas Penerbangan Sipil Thailand atau CAAT mengklasifikasikan insiden itu sebagai “parah” dan menutup landasan pacu pada Minggu pagi pukul 6 pagi untuk menyelidiki penyebabnya. Awalnya, bandara rencananya akan dibuka kembali pada pukul 10 malam kemarin. Namun, bandara kemudian merilis pernyataan yang mengatakan landasan pacu akan ditutup selama tiga hari dan penerbangan akan dilanjutkan seperti biasa pada pukul 10 malam pada hari Rabu, 3 Agustus.

Bandara Internasional Mae Fah Luang-Chiang Rai telah kembali beroperasi normal hari ini (Jumat) setelah ditutup pada Sabtu lalu. Penerbangan pertama adalah Thai Vietjet Air, dijadwalkan tiba dari bandara internasional Suvarnabhumi di Bangkok pada pukul 6 sore, diikuti dengan penerbangan kembali ke Bangkok pada pukul 19:55. Otoritas Penerbangan Sipil Thailand (CAAT) memberikan izin kepada bandara untuk kembali beroperasi mulai pukul 22.30 tadi malam, setelah menyetujui semua pekerjaan perbaikan dan kondisi fisik bandara.

Bandara merinci, dalam siaran pers, pekerjaan yang dilakukan sebelum dimulainya kembali operasi:

  • Menyesuaikan ketinggian area di mana pesawat Nok Air Boeing 737-800 tergelincir dari landasan pada Sabtu lalu.
  • Pembersihan semua puing-puing benda asing (FOD) dari landasan dengan inspeksi berjalan.
  • Pemeliharaan sistem kelistrikan yang rusak akibat kecelakaan dan pengujian sistem untuk memastikan mereka bekerja sesuai standar yang dipersyaratkan.
  • Pemeliharaan beton di sekitar manhole dekat runway, sehingga tidak membahayakan pesawat.
  • Pengecekan permukaan runway yang rusak akibat alat berat yang digunakan untuk memindahkan pesawat Nok Air.
  • Melakukan uji gesekan pada runway.

Biasanya, bandara internasional Mae Fah Luang Chiang Rai menampung 36 penerbangan sehari, dengan antara 4.000-5.000 penumpang menggunakan layanan ini. Penerbangan Nok Air dari Bangkok membawa 164 penumpang dan 6 awak saat tiba di bandara internasional Mae Fah Luang-Chiang Rai Sabtu malam lalu. Itu tergelincir dari landasan pacu dalam hujan lebat saat sedang melaju menuju tempat parkirnya.

Tidak ada yang terluka dalam insiden itu. Operasi untuk mengeluarkan pesawat yang terdampar itu selesai sekitar pukul 04.00 kemarin. Ribuan orang terkena dampak penutupan bandara, yang terjadi selama liburan panjang empat hari yang sibuk di Thailand. Semua penumpang yang berencana terbang keluar dari Chiang Rai pada Sabtu malam ditempatkan di bus ke Bandara Internasional Chiang Mai, yang berjarak 3 jam 15 menit berkendara.

Nok Air membuat pernyataan publik yang menyatakan bahwa mereka merawat semua penumpang dengan baik dan memberikan minuman saat mentransfer mereka dan barang bawaan mereka ke Chiang Mai. Namun, beberapa penumpang turun ke Facebook untuk mengungkapkan sisi lain dari cerita tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka tidak menerima makanan atau minuman apa pun selama seluruh cobaan, terlepas dari klaim maskapai.

Pada bulan Mei, CAAT melaporkan “insiden serius” di mana sebuah pesawat AirAsia mendarat di landasan yang salah di Bandara Don Mueang Bangkok. Tidak ada yang terluka tetapi dua pilot dihentikan sementara sebagai akibat dari insiden tersebut.

Related Posts

© All Right Reserved
Proudly powered by WordPress | Theme: Shree Clean by Canyon Themes.